Trik Mengembalikan Data yang Hilang atau Terhapus Di komputer

Get your data backJangan panik ketika Anda mengalami kehilangan data di komputer. Panik atau kesal sih wajar, apalagi data yang hilang merupakan data penting, tentu membuat kita merasa kesal kan?

Tenang saja, karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus tersebut.

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya beserta tips untuk menyimpan data Anda secara aman. Sehingga, Anda tak perlu khawatir menyimpan data – data penting yang ada.

Secara teknikal dalam kondisi tertentu, data yang terhapus atau hilang sebenarnya tidak hilang sama sekali. Namun memang memerlukan beberapa kiat untuk merestore kembali data tersebut.

1. Coba Cek Folder Ricycle Bin Komputer Anda

Mengembalikan data

Sebenarnya data tidaklah benar – benar terhapus baik itu ketika kamu sengaja menghapus atau saat kamu tanpa sengaja menghapus file data pada komputer. Karena sistem operasi windows menyediakan penyimpanan sementara data tersebut  yang siap untuk direstore kembali.

Rycylcle bin merupakan folder bawaan yang dibuat khusus untuk menyimpan sementara file yang sengaja atau tidak sengaja dihapus tersebut.

Nah sekarang tugas kamu coba cek folder tersebut, apakah file kamu masih ada. Jika masih ada kamu bisa mengembalikan data tersebut dengan mudah. Caranya cukup mudah. Cukup klik kanan lalu pilih restor pada file yang ingin kamu kembalikan.

2. Menggunakan Fitur Previous Restore

Mengembalikan data file

Jika ternyata file data tersebut sudah dihapus dari folder Ricycle Bin pada langkah 1 diatas, kamu masih bisa mengembalikan data tersebut dengan cara merestore kembali ke versi sebelumnya.

Akan tetapi, pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan fitur restore poin pada komputer kamu. Fitur ini tidak bisa digunakan jika restore poin belum kamu aktifkan.

Caranya cukup mudah, silahkan kamu pilih folder dimana file kamu hilang, lalu klik kanan dan pilih Previous Restore. Selanjutnya pilih tab Previous Versions, lanjutkan dengan memilih folder yang yang ingin kamu restore, kemudian pilih saat sebelum data tersebut dihapus.

3. Menggunakan Software Khusus Restore Data

Cara menggunakan recuva

Setelah kamu mencoba cara diatas namun file kamu tidak ditemukan, langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan software bantuan yang bertebaran di internet.

Kamu bisa menggunakan versi berbayar maupun gratis, silahkan kamu cari di Google. Seperti software RecuvaPC Inspector File Recovery dan lain sebagainya.

Untuk caranya, silahkan kamu ikuti petunjuk pada masing – masing software yang kamu gunakan. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengembalikan data kamu yang hilang atau terhapus di komputer.

Tips Agar Data Kamu Aman

Upaya pencegahan merupakan langkah terbaik untuk menjaga data – data kamu agar aman. Terutama bagi kamu yang memang bekerja sering menggunakan komputer.

  1. Buat Backup data kamu >> Kamu bisa menyimpan data kamu secara berkala di tempat lain, bisa di falshdisk atau harddisk external. Tujuannya agar jika data yang ada pada komputer kamu hilang, kamu masih punya cadangan.
  2. Gunakan penyimpanan online seperti Google Drive >> Beruntung perusahaan besar dan terjamin menyediakan fitur penyimpanan online gratis. Nah kamu bisa menggunakan fitur dari Google Drive untuk menyimpan data kamu secara online. Lakukan sycron data antara komputer kamu dan Google Drive agar semuanya berjalan otomatis. Syaratnya kamu harus punya koneksi internet.

Baca juga : Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer Agar Paket Anda Awet

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus. Jika memang data yang kamu kelola merupakan data penting perusahaan dan lain – lain, Kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan para pakar IT.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap