Perlukah Update Artikel yang Telah Diterbitkan Sebelumnya

Bagi Anda yang rajin posting artikel di blog, tentu jumlah artikel Anda semakin banyak Dengan demikian, mungkin Anda ingin memperbaharui isi artikel tersebut agar lebih relevan dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada.

Jika kita tinjau dari beberapa sumber teman – teman blogger yang lain. Rata – rata memang menyarankan untuk memperbaiki konten agar relevan. Pertanyaan ini sering juga menghampiri saya, apakah perlu saya memperbaiki artikel lama?

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa konten lama di perbaiki, berikut ini beberapa alasannya :

A. Menjadi Relevan

Relevan artinya isi dari artikel yang kita buat masih bisa diterapkan dan tidak tergantung dari waktu. Misal, beberapa artikel tentang teknik blogging pada era 2006 kebawah, sudah pasti tidak cocok lagi jika diterapkan sekarang ini.

Dari sinilah kita harus perhatikan bahwa, relevansi artikel harus tetap terjaga agar mendatangkan pembaca yang rutin setiap hari. Lagi pula, artikel yang relevan dapat memberikan manfaat nyata bagi pembaca.

Bagaimana jadinya jika pembaca menerapkan teknik yang tidak lagi bekerja pada masa sekarang. Apalagi ada blogger lain yang mengambil informasi tersebut, bertambah lagi deh informasi tak relevan tadi menyebar.

Alasan seperti inilah yang membuat para pemilik blog melakukan update pada artikel lama. Tujuannya agar mendapatkan perhatian dari search engine bahwa artikel anda up to date. Sekaligus bertujuan agar pembaca benar- benar membaca ilmu yang sesuai dengan perkembangan yang ada.

B. Pembaca Ingin Konten Terbaru

Sebagian pembaca sering memperhatikan kapan artikel tersebut di update. karena mereka ingin konten terbaru. Ini merupakan sifat dasar semua orang. Saya sendiri ketika ingin membaca artikel, jika ketemu artikel lawas, kita jadi berfikir untuk membacanya kan? Lho inikan artikel tahun sekian, dan yang ini tahun sekian, kayaknya lebih baik baca yang terbaru ini deh.

Memang ada sebagian artikel yang bersifat abadi, artinya artikel tersebut tetap diminati secara terus menerus tanpa memperhatikan kapan artikel tersebut update.

Bagi seorang blogger, membuat konten abadi memang penting bagi perkembangan blog Anda. Ia bisa menjadi sebuah pondasi yang membuat blog Anda popular. Apalagi konten abadi tersebut merupakan konten pilar, yaitu konten terbaik yang lengkap dan detail serta sangat enak untuk dibaca.

baca juga : Apa Itu Konten Pilar Dan Beberapa Manfaatnya Untuk Blog

Itulah mengapa  ada beberapa rekan blogger yang meletakkan tanggal posting artikel blog pada bagian paling bawah artikel, atau ada pula yang menghapus tanggal posting artikel tersebut. Alasan utamanya ya karena ingin terlihat relevan. Saya sendiri belum mencoba teknik ini, nanti akan saya coba deh dan melihat apakah ada efeknya bagi search engine.

C. Menjadi Lebih Berkualitas

Bisa jadi setelah berjalannya waktu, Anda menjadi semakin paham tentang apa yang pernah Anda sampaikan pada artikel sebelumnya. Sehingga timbul keinginan untuk memperbaiki artikel tersebut.

Artikel yang menarik biasanya berisi informasi lengkap, memberikan solusi detail. Artikel seperti ini biasanya memerlukan riset atau pemahaman yang tinggi pada bidang yang ditulis. Artikel – artikel seperti inilah yang cenderung menguasai mesin pencari. Anda bisa perhatikan bagaimana para penguasa kata kunci popular, rata – rata merupakan artikel berkualitas.

Ada beberapa perbedaan pendapat yang sering kita dengar, berapa sih update konten yang optimal? Berapa kali sehari?

Melihat dari pentingnya kualitas artikel, berarti bisa kita ambil kesimpulan bahwa, tergantung dari kemampuan pemilik blog atau website. Jika memang mampu menerbitkan artikel banyak tapi berkualitas, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menerbitkan artikel dalam jumlah yang banyak setiap hari.

Ada juga lho, pemilik blog atau website yang memiliki banyak penulis, mereka memiliki modal atau mereka bekerja sama dengan para penulis lain. Kita bisa melihat artikel mereka terbit setiap jam.

Lalu Apa Saja Yang Perlu Di Perbaiki

Terutama kita perhatikan kualitas konten tersebut. Dengan memperhatikan apa saja yang membuat konten tersebut bisa menjadi semakin berkualitas, kita bisa melihat beberapa poin penting berikut ini yang bisa kita update pada artikel lama.

1 . Merapikan atau memperbaiki cara penyampaian

Terkadang ada tulisan yang terdapat beberapa typo / kesalahan ketik. Kita bisa memperbaikinya dengan menambah atau memperbaiki tulisan yang ada hingga menjadi lebih mengalir dan enak dibaca.

Apalagi setelah keterampilan menulis Anda meningkat. Anda akan menemukan beberapa gaya tulisan yang menarik minat baca. Setelah Anda melakukan cros check pada artikel lama, Anda bisa melakukan editing agar artikel tersebut bisa lebih baik dan memiliki nilai konversi yang tinggi.

2. Menambah data

Kita semua setuju bahwa artikel yang dilengkapi dengan data lengkap, seperti data statistik, data info-grafis merupakan artikel terbaik. Untuk itu, mungkin anda telah memperoleh data baru, mendapatkan beberapa referensi yang menarik. Anda bisa menambahkan data tersebut pada artikel yang telah terbit.

Dengan memperbaiki dan menambah data yang ada, dapat membuat posting Anda tersebut menjadi lebih menggelegar, bisa mendatangkan trafik yang tinggi ketika mendapat social signal.

Data bisa berupa gambar tentang fakta yang telah anda sampaikan, atau bisa berupa info-grafis dari hasil penelitian statistik. Selain data, anda bisa merubah atau menambah beberapa link referensi ke artikel lain yang telah ada pada artikel tersebut.

3. Pembahasan yang Lebih Detail

Seperti yang telah saya tulis pada alasan ke 3 diatas, yaitu membuat artikel agar lebih joss. Terkadang kita menemukan pengetahuan baru, semakin paham tentang tema tersebut, maka Anda bisa menambah pengetahuan yang ada pada artikel lama Anda.

Kesimpulan :

Intinya adalah, semakin berkualitas artikel – artikel Anda, maka semakin baik rangking artikel tersebut. Berbagai macam metode pun kita lakukan agar kita berhasil membuat artikel yang enak dibaca dan berbobot. Melakukan perbaikan atau update pada artikel lama Anda bisa membuat artikel yang ada pada blog semuanya menjadi lebih berkualitas. Tentu hal ini membuat blog Anda menjadi semakin mantap.

Updated: September 26, 2017 — 3:20 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap