Usaha Laundry? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya Sebelum Anda Mulai Terjun ke Dalamnya

UsahaLaudry

Beberapa tahun belakangan ini, usaha laundry memang banyak diminati dan dapat dikatakan menjamur. Karena kemudahan dari usaha ini yang tidak banyak menuntut Anda harus memiliki skill. Maka dari itu banyak sekali para pengusaha pemula yang memulai untuk usaha laundry. Namun sebenarnya apa usaha laundry itu? Simaklah ulasan berikut.

Usaha laundry merupakan sebuah bidang jasa yang menyediakan atau menawarkan pelanggan untuk mencuci pakaian kotornya. Barangnya pun bermacam-macam mulai dari pakaian, sepatu, tas, selimut, boneka, karpet, ataupun yang lainnya. Usaha laundry ini cukup banyak mendatangkan untung kepada para pelaku bisnis usaha laundry ini.

Skala usaha ini pun beragam, ada usaha laundry rumahan sederhana sampai usaha laundry yang menuntut ketelitian dan perencanaan matang. Namun, jika Anda yang ingin membuka usaha laundry tetapi terbatas karena faktor modal, Anda tidak perlu khawatir karena bisnis laundry ini dapat Anda mulai dari rumah.

Jenis-jenis laundry sendiri bermacam-macam mulai dari laundry konvensional, kiloan, express, atau yang lainnya. Pastinya Anda pernah menjumpai salah satu diantaranya bukan? Namun, selain jenis-jenis laundry yang sudah ada, kini ada pula jenis laundry yang terbaru yaitu jenis laundry koin.

Jika Anda berminat membuka usaha laundry ini, Anda wajib mengetahui kelebihan serta kelemahan dari usaha rumahan yang satu ini.

Kelemahan Usaha Laundry

Kelemahan dari usaha yang satu ini karena usaha ini merupakan usaha rumahan sederhana, maka setiap orang pasti bisa melakukannya. Tidak heran persaingan usaha ini memang cukup ketat dan sengit. Mulai dari perang harga sampai Anda harus membuat usaha laundry Anda ini mempunyai nilai tambah di depan para pengguna jasa Anda supaya usaha laundry milik Anda dapat berbeda dengan yang lainnya.

Selain itu, jika usaha Anda masih tergolong usaha rumahan sederhana dan belum menggunakan mesin cuci serta mesing pengering khusus, mungkin hal-hal ini akan menghambat usaha laundry yang Anda jalankan ini dari segi cuaca. Kadang cuaca tidak menentu atau tidak bersahabat menjadikan proses pengerjaan laundry Anda terhambat.

Hal lain yang perlu Anda pikirkan juga dari segi ruang. Anda harus memperhitungkan dari segi ruangan. Sebabnya, usaha laundry ini cukup membutuhkan ruangan yang luas karena untuk menampung mesin-mesin yang ukurannya lumayan besar seperti mesin cuci, mesin pengering, area menjemur, papan setrika, bahkan area pengepakan.

Kelebihan Usaha Laundry

Namun Anda tidak perlu khawatir tentang berbagai hal mengenai kekurangan usaha laundry. Di samping kekurangannya,usaha laundry ini juga memiliki banyak sekali kelebihan.

Usaha laundry ini sangatlah dibutuhkan banyak orang, sehingga tidak heran kalau banyak yang mencari. Selain itu, usaha laundry ini tidak menuntut Anda harus mempunyai skill tinggi atau riwayat pendidikan yang tinggi. Siapapun dapat menjalankan usaha ini, mempelajarinya asalkan konsisten, tentunya Anda akan tetap bisa meraup keuntungan.

Tidak hanya kedua kelebihan itu saja, Anda dapat memulai usaha ini hanya dengan dari rumah saja. Apalagi jika dirumah Anda terdapat ruang kosong tak terpakai, tentunya dapat Anda gunakan untuk membuka usaha ini sehingga tidak perlu Anda menyewa tempat lagi.

Jika Anda telah memahami betul pengertian serta kelebihan dan kekurangan dari usaha laundry ini, sekarang coba Anda terapkan beberapa tips untuk memulai usaha laundry ini.

Tips Memulai Usaha Laundry Rumahan yang Hasilnya Menjanjikan

1. Laundry Kiloan

Dalam beberapa tahun belakangan, usaha laundry kiloan menjadi salah satu usaha yang banyak peminatnya. Dimana sejauh mata memandang ada banyak sekali deretan usaha laundry kiloan yang dapat kita jumpai di sekitar perumahan bahkan pemukiman di desa-desa kecil.

Usaha ini memang dapat dikatakan menjanjikan. Apalagi jika Anda membuka usaha ini di area yang dekat dengan kampus ataupun daerah-daerah perkantoran. Pastinya akan menambah banyak orang yang akan menggunakan jasa Anda.

Untuk masalah modal pun tidak perlu khawatir. Karena bisnis laundry kiloan ini tidak banyak membutuhkan modal. Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar kurang lebih 4 jutaan, Anda sudah dapat langsung membuka usaha laundry kiloan.

Dengan modal 4 juta itu Anda sudah dapat membeli mesin cuci standar, pengering, setrika, timbangan, detergen dan pewangi serta berbagai peralatan seperti ember, jemuran dan penggantung jemuran atau alat yang lainnya yang sekiranya berguna untuk usaha laundry kiloan Anda.

Namun, Anda juga tetap harus memperhitungkan tentang mesin, biaya listrik dan air. Begitu juga perhitungan pegawai jika Anda menggunakan pegawai untuk membantu dalam Anda menjalankan usaha ini. Namun semua kembali kepada Anda. Jika sekiranya Anda dapat mengatasi semua sendiri itu akan lebih menghemat pengeluaran.

2. Laundry Koin

Kini jasa laundry koin susah mulai populer lagi. Mungkin beberapa hari belakangan ini Anda sudah mendapati pengusaha jasa laundry koin sejenis ini di Eropa, Amerika, Australia, dan beberapa kawasan Asia lainnya. Laundry jenis ini memiliki beberapa kelebihan.

Sebab, laundry koin ini menerapkan privasi bagi pelanggannya karena pakaiannya tidak disentuh oleh pekerja laundry atau pelanggan lainnya. Proses pencuciannya pun terbilang lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam saja. Sehingga hal ini dapat membuat pelanggan dapat langsung mengetahui proses pengerjaannya sambil menunggu.

Harganya pun dapat dikategorikan murah mengingat waktu pengerjaan yang cepat. Pelanggan tidak perlu membayar jasa pegawai untuk mencucinya. Saat menunggu, pelanggan dapat bersosialisasi dengan pelanggan lain sehingga pengalaman mencuci pun bisa terasa lebih menyenangkan.

Sebagai seorang pengusaha, Anda juga mendapatkan beberapa manfaat. Salah satunya usaha laundry yang Anda jalankan pastinya akan minim pekerja. Anda pastinya tidak perlu repot membuat tempat menjemur, pengemasan bahkan penyimpanan pakaian dan resiko komplain pun sedikit karena laundry koin ini menggunakan sistem self service.

Namun, untuk memulai bisnis usaha laundry koin ini Anda harus merogoh kocek yang cukup besar sekitar 200 juta. Dengan modal 200 juta Anda dapat membangun usaha laundry koin dengan mendapatkan 3 unit mesin laundry dengan kapasitas 6 kg seharga 50 jutaan. Untuk memulainya, Anda perlu mempersiapkan tempat usaha dengan pegawai 1 sampai 2 orang, mesin cuci, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Sebaiknya pilih mesin cuci dengan kapasitas dan anggaran yang sesuai dengan belanja Anda. Bila semua sudah dirasa siap, saatnya Anda mulai menetapkan harga. Jika Anda sudah menentukan tarifnya sekarang Anda bisa melanjutkan pemasaran.

Bentuk pemasaran nya pun beragam, Anda dapat menggunakan spanduk, brosur yang disebar ke lingkungan sekitar ataupun memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Kalau Anda merupakan tipe orang yang tidak mau ribet, Anda dapat menggunakan franchise yang sudah jelas perhitungannya.

3. Laundry Sepatu

Belum lama-lama ini sejumlah kaum milenial mempunyai hobi yang baru, yaitu mengoleksi sepatu. Pada kenyataannya seiring banyaknya orang yang mengoleksi sepatu membuat jasa laundry sepatu ini cukup naik daun.

Usaha laundry sepatu ini tidak membutuhkan modal yang besar seperti usaha laundry yang lainnya. Jadi, jika Anda ingin membuka usaha rumahan yang modalnya kecil, usaha laundry sepatu dapat Anda jadikan referensi.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Mengapa Digital Marketing Agency Dibutuhkan Bagi Bisnis

Nah kiranya Anda minat dengan usaha laundry yang mana? Mungkin Anda sudah bisa mulai memikirkannya sejak sekarang setelah membaca beberapa ulasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap