17 Contoh Usaha Makanan Ringan yang Sangat Menjanjikan

Usaha makanan ringan banyak juga yang sukses besar lho. Perhatikan saja berbagai jenis makanan kemasan dengan brand ternama. Pabriknya besar – besar bukan?

Apa artinya, Artinya jika kita pintar mengelolanya, Usaha makanan ringan bisa menjadi usaha skala besar.

Usaha makanan memang tidak akan pernah ada habisnya. Mengapa? Semua orang butuh makan, entah itu makanan pokok dan makanan camilan. Nah selain itu, pertumbuhan jumlah penduduk terus meningkat.

Trik Sukses Bisnis Usaha Makanan Ringan

Jika ingin sukses dalam berbisnis makanan ringan, kita perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar produk laris di pasaran. Terutama bagi pemula.

A. Pastikan diterima di lidah masyarakat

Ini poin pertama yang harus Anda perhatikan jika ingin maju. Kita harus tahu terlebih dahulu selera masyarakat.

Kita juga tahu bahwa beda resep tentu beda rasa, akan tetapi tentu rasa produk haruslah diterima di lidah masyarakat bukan?

Caranya bagaimana? Mudah, lakukan survey dengan cara menyuruh orang lain mencicipi produk Anda, titip di warung, buat poling di media sosial dan lain sebagainya.

B. Jaga kualitas

Produk yang dibuat harus memiliki kualitas dari segi bahan, kemasan, dan pengolahan.

Atau… Anda bisa belajar dan mengikuti penyuluhan dari dinas. Sering diadakan kok, cari saja informasinya di kecamatan Anda. Ini sangat bermanfaat lho, karena nanti Anda akan mudah mengurus PIRT.

Mengapa demikian?… Karena setelah konsumen tahu produk Anda enak, ditambah lagi poin diatas, maka sudah dapat dipastikan produk Anda akan kebanjiran order.

C. Atur Keuangan dengan Baik, Ini Penting..

Bisnis yang sehat merupakan bisnis yang diatur dengan sehat. Terutama mengatur arus keuangan. Untuk itu, Anda harus mencatat semua arus keuangan dalam bisnis Anda.

Membuat buku catatan keuangan bukan harus sebuah perusahaan besar. Apapun sekala usahanya haruslah memiliki catatan ini.

D. Inovasi

Jika kita lihat sekarang ini, banyak sekali penguasaha makanan ringan yang sukses karena inovasi mereka. Inovasi bisa dilihat dari berbagai sisi seperti dari segi rasa, bentuk, nama dan cara pemasaran.

Nah Anda dapat belajar dari mereka yang sudah sukses dengan cara inovasi.

17 Contoh Usaha Makanan Ringan

Ada banyak sekali jenis makanan ringan yang bisa Anda jadikan bisnis. Mulai dari oalahan tradisional, kue – kue basah hingga camilan sejenis kerupuk. Semua itu bisa dijadikan bisnis

1. Kek Brownies

Usaha makanan ringan brownies

Bentuk kek brownies itu sangat menarik dengan berbagai bentuk warna dan hiasan. Dari segi rasa juga sangat khas. Hal inilah yang membuat makanan ringan ini sangat digemari oleh banyak orang.

Pernahkah Anda mendengar kisah sukses “Brownies Amanda”?

Iya itulah salah satu contoh pengusaha sukses dibidang kuliner yang satu ini. Berkat kelihaian dan cara menjalankan bisnis yang benar. Mereka mampu berkembang menjadi bisnis besar.

Anda dapat menjalankan bisnis ini dengan skala percobaan terlebih dahulu. Silahkan Anda buat lalu jual menggunakan media sosial atau dititipkan ke warung, toko kue dll.

Apa yang paling penting, Anda harus mampu berinovasi agar kue Anda mendapat pesanan melimpah.

2. Aneka Roti Bakar

Usaha makanan roti bakar

Peluang usaha makanan ringan selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar memang sering kita jumpai pada penjual gerobak sorong, akan tetapi, ada juga yang mampu membuka gerai sendiri sambil membuka warung kopi. Anda dapat membuka usaha ini terutama bagi Anda yang berada di lokasi keramaian.

Roti bakar juga diolah dengan berbagai bentuk resep. Mulai dari dicampur dengan taburan cokelat, daging hingga sayuran. Anda dapat membuat aneka resep sendiri agar lebih diminati masyarakat. Dengan catatan produk Anda harus sehat dan berkualitas tinggi.

3. Bakpau Buah

Bakpau Buah

Via Tribunnews.com

Bakpau buah memang terdengar unik, selain itu menurut penulis, orang yang menjual bakpau buah terbilang langka. Dengan keunikan nama dan bentuk membuat makanan ini sedang popular di masyarakat.

Bakpau buah merupakan makanan bakpau yang dibuat menyerupai bentuk buah – buahan. Tak ayal respon masyarakat menjadi tinggi dengan makanan ini.

Inovasi seperti ini layak untuk ditiru, hanya dari bentuk dan nama, ternyata sudah mampu memberikan dampak yang sangat luar biasa.

Dari segi bisnis, usaha bakpau buah sangat menjanjikan. Karena makanan ini sudah popular terlebih dahulu melalui bakpau biasa.

4. Kek Ulang Tahun

Bisnis makanan camilan kek ulang tahun

Anda pasti tahu kue spesial yang satu ini. Ya khusus untuk merayakan ulang tahun.

Kue kek ulang tahun dibuat spesial sesuai dengan pesanan. Nah, ternyata kue kek ini memiliki potensi bisnis. Bagaimana tidak, banyak toko – toko kue yang juga menawarkan jasa pemesanan kek ulang tahun.

Bagaimana cara menjalankan bisnis ini?

  • Anda dapat mempromosikan jasa Anda melalui media sosial seperti facebook, instagram dengan menargetkan konsumen di lokasi terdekat
  • Menitipkan contoh kek ulang tahun dalam bentuk tiruan lengkap dengan nomor handphone di toko kue. Gunakan sistem dropship dan lain sebagainya.

Kesuksesan bisnis kek ulang tahun tergantung dari segi seni rias kue dan teknik pemasaran.

5. Usaha Aneka Pepes

Aneka Pepes sebagai Bisnis

Via Okezone.com

Pepes merupakan makanan khas berasal dari daerah sunda. Kini sudah sangat terkenal hingga seluruh nusantara. Variasi bahan olahan-nya pun banyak, mulai dari pepes ikan, pepes ayam hingga pepes tahu.

Makanan pepes sudah terkenal kemana – mana sehingga peluang bisnis menjual aneka pepes bisa sangat menjanjikan. Kembali lagi ke pembahasan awal, usahakan agar olahan Anda enak, bersih dan berkualitas.

Tujuannya tentu agar konsumen percaya dan menyukai produk Anda dalam jangka panjang “Pelanggan setia”.

6. Aneka Gorengan Unik dan Biasa

Bisnis Gorengan menjanjikan

Masyarakat Indonesia memang terkenal kreatif. Buktinya sekarang ini variasi makanan gorengan sudah sangat banyak sekali. Hal ini membuat makanan gorengan semakin menjadi incaran oleh masyarakat banyak.

Target market makanan gorengan sangat luas sekali, mulai dari yang tua hingga muda, semuanya suka dengan gorengan.

Berikut ini beberapa contoh jenis – jenis gorengan.

  • Salad Goreng, Oreo Goreng, Sadwich Goreng, Biskuit Goreng, Eskrim Goreng
  • Pisang goreng, kentang goreng, ubi goreng, Nangka nanas Goreng
  • Tahu goreng, tempe goreng, tahu brintik, tahu isi.
  • Dan masih banyak lagi.

7. Roti Cane

Roti Cane sebagai bisnis

Via Cookpad.com

Dikutip dari berbagai sumber, roti cane atau roti maryam merupakan makanan khas timur tengah sekarang ini sudah mulai popular di Indonesia. Rasa makanan ini memang begitu enak di lidah. Roti cane juga memiliki beberapa varian rasa.

Salah satu pengusaha sukses roti cane yaitu Husein Fauzi di jakarta. Ia memulai usaha ini sejak tahun 2010 lalu. Kini ia telah memiliki lebih 27 gerai yang tersebar.

8. Pempek

Pempek juga makanan yang paling diminati oleh masyarakat. Kita bisa menemui banyak sekali gerai pempek ini. Dengan cita rasa yang unik, makanan ini sangat enak jika disantap saat siang hari atau malam hari.

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan membuka gerai atau dengan cara menerima pesanan online

9. Aneka Kue Basah

Bisnis aneka kue basah

Bisnis kuliner memang bisnis sepanjang masa. Banyak kisah sukses yang kita dengar dari pengusaha bidang kuliner.

Kue basah merupakan bentuk makanan camilan  yang disukai oleh banyak orang. Kunci kesuksesan bisnis terletak pada inovasi yang Anda lakukan. Untuk itu, coba cari ide yang dapat meningkatkan permintaan pasar.

  • Dadar Gulung, Kelpon, Kue karamel, Donat
  • Bolu Kukus, Gethuk, Kue Lapis, Cup Cake
  • Klepon, Onde – onde, Bakso goreng
  • Lupis Ketan, Kue Putu, Ongol – Ongol
  • Kue pastel
  • Dan masih banyak lagi.

10. Kue Bingke

Bisnis Kue Bingke Kentang

Kue bingke juga bisa dijadikan sebagai bisnis selain berbagai aneka kue basah diatas. Kue bingke terbuat dari tepung beras, gula, telur dan santan. Proses memasak kue ini melalui 2 proses, yaitu pertama diatas api kompor dan kedua menggunakan oven.

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner satu ini. Anda bisa belajar dari para ahli pembuat kue bingke. Langkah selanjutnya lakukan uji coba market Anda.

11. Mi Lidi

Usaha Mi Lidi

Mi lidi sekarang ini jarang ditemukan, padahal masih banyak konsumen yang mencari produk ini. Anda dapat mencari tahu dengan cara melakukan survey ke warung – warung terlebih dahulu. Mi lidi sudah eksis sejak lama, bisa dikatakan mi lidi merupakan produk legendaris.

Sebagai contoh pelaku usaha mi lidi Famela, ia berhasil sukses dengan omset puluhan juta rupiah setiap bulan.

Agar bisnis mi lidi Anda sukses, buatlah produk yang berkualitas, baik dari segi rasa, pengolahan dan kemasan.

12. Siomai Kering

Usaha siomay biasanya sangat laris jika dijual pada lokasi keramaian seperti didaerah pasar dan sekolah. Dengan demikian, jika Anda berada pada lokasi keramaian tersebut, Anda bisa membuka usaha ini.

Siomay biasanya dijadikan makanan camilan. Terutama bagi orang dewasa dan anak – anak. Agar lebih menarik minat masyarakat, buatlah siomay dengan rasa  yang enak.

Ada satu contoh pengusaha sukses siomay yaitu Aisha. Ia mampu meraih profit dan mengurus izin usaha ke pemerintah. Silahkan Anda baca kisahnya di Internet.

13. Stik Talas

Makanan ringan stik talas

Jajanan stik talas merupakan jajanan yang sebenarnya sudah lama ada sejak dulu. Memang saat ini sangat sulit ditemukan. Walaupun demikian jika kita mampu mengolah makanan ini dengan inovasi, kemungkinan peluang untuk sukses masih terbuka lebar.

Stik talas terbuat dari umbi talas, bentuknya mirip seperti stik kentang dan berwarna kuning. Secara mudah stik talas tidak jauh berbeda dengan keripik talas, hanya saja stik talas dibuat dengan bentuk bulat memanjang.

14. Brownies Stik

Ada banyak sekali variasi inovasi dari usaha kek brownies. Ada yang membuatnya menjadi brownies beku dan brownies stik. Inovasi seperti inilah biasanya membuat pengusaha menjadi sukses.

Selain inovasi, dari segi rasa juga harus dperhatikan. Karena rasa merupakan faktor yang paling menentukan kesuksesan sebuah bisnis kuliner. Semakin enak produk yang Anda jual, maka semakin tinggi permintaan masyarakat.

15. Stik Keju

Bisnis Stik Keju

Ide usaha kuliner makanan ringan selanjutnya adalah stik keju. Stik ini terbuat dari keju dan merupakan makanan yang memiliki rasa enak dilidah. Sehingga membuat makanan ini sangat digemari oleh banyak orang.

16. Pisang Sale

Bisnis Sale Pisang Enak

Pisang sale merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan pisang. Cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan cara mengiris pisang tips – tipis kemudian di jemur.

Rasa sale pisang sangat gurih sehingga disukai oleh sebagian besar masyarakat. Usaha sale pisang bisa sangat menguntungkan, buktinya banyak kisah sukses pengusaha sale pisang yang mampu meraih profit besar.

Yang penting adalah, Anda mau untuk selalu berinovasi dari segi bentuk, rasa ataupun nama dari sale pisang itu sendiri. Tujuannya agar menarik minat para konsumen.

17. Aneka Kerupuk dan Keripik

Bisnis Kerupuk Makanan Ringan

Siapa yang tak kenal kerupuk. Ya makanan ringan yang satu ini begitu digemari oleh semua lapisan masyarakat.

Jangan Anda remehkan pengusaha kerupuk lho, buktinya ada yang mampu berpenghasilan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Tak percaya, silahkan Anda ketik di Google dengan kata kunci pengusaha kerupuk sukses.

Berikut ini ada berbagai variasi jenis kerupuk yang bisa Anda jadikan usaha.

  • Kerupuk jengkol, Kerupuk Udang, eKrupuk Ikan dll
  • Keripik Jengkol, Keripik Kentang dll

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Itulah tadi beberapa ide usaha makanan ringan yang bisa Anda coba. Akan tetapi sebenarnya masih banyak lagi ide usaha makanan ringan lain. Semua pilihan tergantung dari kreativitas Anda. Silahkan lakukan riset market dan riset produk Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam sukses selalu.

Updated: March 27, 2018 — 2:23 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap