21 Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Peluang Usaha Rumahan di Desa – Anda tak perlu khawatir jika tinggal di desa, sebab saat ini ada begitu banyak peluang usaha yang bisa merubah perekonomian Anda.

Mengapa bisa demikian?.

Karena sebenarnya desa memiliki banyak potensi komoditas yang justru tak dimiliki oleh masyarakat kota. Bukan hanya itu, banyak jenis peluang usaha rumahan di desa yang dapat dijalankan dengan modal yang relatif kecil.

Usaha Rumahan di Desa

Buktinya kita sering mendengar atau membaca kisah sukses para pengusaha dari desa. Kisah sukses tersebut seharusnya membuat kita lebih termotivasi untuk mengambil peluang usaha di desa bukan?

Tips sukses memilih usaha di desa :
  • Cari apa saja kelebihan bahan baku yang ada di desa Anda. Misalkan di desa Anda banyak terdapat jengkol, maka Anda bisa membuka usaha terkait jengkol agar mudah memperoleh bahan.
  • Begitu juga dengan bahan baku lain, misalkan banyak terdapat udang. Maka Anda bisa membuka usaha terkait udang seperti kerupuk ikan, ikan asin dll.
  • Lakukan riset pasar dengan cara bertanya ke para penjual di pasar atau penampung.
  • Belajarlah dari sumber atau orang yang tepat dan terbukti berhasil
  • Coba perhatikan, apa yang masih kurang di desa Anda atau apa yang masih banyak dibutuhkan pasar.

Baca juga43 Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Nah agar lebih jelas, kita bagi dua jenis usaha yang menjanjikan di desa, pertama adalah bidang Offline dan yang kedua adalah bidang Online. Berikut ini penjelasannya.

Peluang usaha rumahan di desa yang bisa dikerjakan secara Offline adalah sbb :

Usaha secara offline yaitu menjalankan usaha dari rumah dengan target pasar lokal, antar desa, antar kecamatan bahkan nasional pun bisa jika kita mau belajar.

1. Jasa Laundry

Bukan hanya masyarakat kota saja yang pintar menggunakan jasa laundry, kini masyarakat desa pun sudah banyak yang menggunakan jasa laundry. Apalagi bagi mereka yang sibuk, jasa laundry sudah tentu menjadi solusi yang mereka cari.

Jasa laundry memberikan banyak kemudahan bagi mereka, lebih irit dan lebih menghemat waktu bagi masyarakat desa. Modalnya pun tak terlalu besar, cukup dengan setrika dan mesin cuci saja.

Apalagi di daerah Anda tak jauh dari lokasi kompleks karyawan kantor atau perusahaan, ini merupakan peluang usaha rumahan di desa yang lumayan menjanjikan.

Cara promosinya?

Selanjutnya, berikan pelayanan dan service terbaik agar usaha Anda kebanjiran order. Buat juga promosi di media sosial, dari mulut ke mulut atau langsung menyebarkan selebaran.

Baca juga : Usaha rumahan

2.Tiga Sistem Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampung bisa dikatakan peluang usaha rumahan di desa yang lumayan menjanjikan. Selain itu desa sangat identik dengan usaha ini. Sebab ketersediaan lahan sudah tentu masih sangat luas ketimbang masyarakat kota.

Kebutuhan daging juga terus meningkat dari hari ke hari. Terutama untuk kebutuhan rumah makan, ibu rumah tangga hingga kebutuhan expor.

Ada tiga model ternak ayam kampung yang bisa Anda terapkan. Apa saja itu?

Pertama Model Umbar

Ternak ayam model ini sangat cocok jika rumah Anda ada jarak dengan tetangga atau daerah sepi penduduk. Sebab dengan metode ini ayam Anda akan berkeliaran kemana mana. Sehingga tidak mengganggu tetangga sebelah.

Metode umbaran adalah metode ternak ayam kampung tradisional dengan cara membiarkan ayam lepas bebas. Anda hanya perlu membuat kandang untuk ayam berteduh saat hujan atau tidur saat malam hari.

Metode ternak umbaran pada umumnya bisa dijalankan bagi pengusaha sekala kecil. Hal ini disebabkan kebutuhan lahan yang sangat luas.

Metode Semi Intensif

Ternak ayam kampung dengan metode semi intensif yaitu Anda membuat kandang yang lumayan luas. Tujuannya tentu agar ayam tidak lepas kemana mana.

Misalkan dengan membuat pagar dari jaring atau bahan tertentu pada halaman yang sangat luas. Metode ini cukup efektif jika Anda memiliki lahan. Ayam dapat mencari pakan sendiri disekitar lokasi sembari diberi pakan tambahan.

Dengan metode ini, Anda dapat memantau langsung kondisi ayam. Sehingga sangat mudah untuk di kontrol.

Metode Intensif

Metode semi intensif adalah ternak ayam yang dilakukan dengan cara membuat kandang, sehingga ayam tidak lepas kemana mana.

Memang membutuhkan modal, akan tetapi ada banyak keuntungan yang didapat seperti Anda mudah mengontrol, mudah memberikan pakan, dan mudah mengatur periode panen.

Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini memang sangat menjanjikan jika dikerjakan dengan ilmu pengetahuan.

2. Pom Bensin Mini

Usaha pom bensin mini sekarang ini sudah sering kita temui di desa. Hal ini bukan tanpa alasan. Kita tahu bahwa BBM merupakan kebutuhan penting bagi pengendara motor. Sementara itu keberadaan SPBU tidak menjangkau semua lokasi terutama di desa desa.

Bagi Anda yang memiliki rumah di pinggir jalan, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan  di desa yang satu ini. Yaitu dengan membuka kios bensin portable mini atau biasa disebut pertamini.

Dikutip dari berbagai sumber berikut ini modal yang dibutuhkan. Untuk angka yang pasti, Anda bisa mencari informasi yang lebih akurat.

  • Harga 1 unit mesin portable pertamini berkisar 10 jutaan atau lebih untuk model digital. Dan yang manual tentu lebih murah.
  • Modal bensin 200 liter jika harga bbm 7.000 maka menjadi Rp. 1.400.000
  • Biaya pengurusan surat izin sekitar Rp. 200.000
  • Alat pemadam kebakaran berkisar Rp. 140.000

Total modal berkisar = Rp 11.740.000

Modal tersebut hanya gambaran saja, tergantung dari lokasi dan biaya pengiriman alat dan lain sebagainya. Jadi, Anda perlu memperhitungkan terlebih dahulu dengan jelas.

3. Tata Rias Kecantikan Atau Rambut

Usaha potong rambut bisa dikatakan usaha tanpa modal, hanya dengan modal seperlunya saja, kita sudah bisa menggunakan modal tersebut untuk menjalankan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini.

Kebutuhan akan gaya rambut sekarang ini sudah kian berkembang. Apalagi internet sudah menjadi bagian dari masyarakat desa. Hal ini sudah pasti membuat masyarakat desa terutama anak muda ingin menggonta ganti model rambut mereka.

Selain usaha potong rambut bagi pria, Anda bisa saja membuka usaha salon kecantikan. Kalangan wanita memiliki keperluan yang cenderung lebih tinggi ketimbang pria. Sebut saja layanan creambath, rebounding, make up dan lain lain.

Jadi sangat tergantung dari cara kita mencari inovasi agar usaha Anda terus berkembang.

3. Usaha di Bidang Kuliner

Usaha bidang kuliner memang tidak akan pernah ada matinya, setiap hari selalu bertambah dan terus bertambah.

Jika Anda merupakan orang yang suka memasak dan paham akan bumbu racikan, Anda dapat membuka usaha ini di desa. Karena peluang usaha rumahan di desa yang satu ini terbilang cukup menjanjikan jika Anda berada di desa berkembang atau ditempat yang strategis.

Misalkan di pelabuhan, di kompleks karyawan, di pinggir jalan tempat lalu lalang dan lain sebagainya.

Ada beberapa pilihan model usaha makanan seperti dengan sistem :

  • buka warung didepan rumah
  • sistem katering
  • sistem antar
  • atau dengan sistem pre order.

Agar usaha Anda berhasil, utamakan pelayanan dan rasa masakan Anda. Konsumen yang merasa puas akan selalu menjadi pelanggan setia Anda.

4. Warung Kelontong atau Sembako

Mau penghasilan setiap hari?

Usaha kelontong atau warung sembako bisa menjadi jawabannya. Mengapa? Sebab usaha dibidang ini sudah menjadi usaha rumahan yang paling umum di desa. Setiap orang pasti butuh bahan pokok untuk kebutuhan mereka.

Walaupun keuntungan tidak terlalu besar, tapi jika dijalankan dengan manajemen, Anda bisa menghidupi keluarga dengan baik. Tidak perlu khawatir tentang biaya hidup sehari hari karena sudah terpenuhi dari keuntungan warung Anda.

Apa tips suksesnya?

Agar usaha warung Anda berhasil, buatlah sistem pelayanan yang baik. Setiap ada pembeli berikan kesan ramah tamah. Mereka pasti nyaman dan akan terus belanja diwarung Anda.

5. Mebel alias Parabotan

Setiap rumah pasti butuh perabotan baik itu perabotan lemari, meja kursi hingga kusen jendela. Nah ini tentu menjadi peluang usaha rumahan di desa yang menggiurkan.

Bukan hanya soal pembuatan perabotan baru, Anda dapat pula menyediakan jasa reparasi perabotan yang sudah rusak untuk diperbaiki. Karena ada sebagian orang yang hanya ingin memperbaiki perabotan lawas mereka.

Anda dapat mencari orang yang sudah ahli untuk membimbing Anda, atau Anda mempekerjakan mereka yang ahli untuk mendesain dan membuat perabotan usaha Anda.

Tahukah Anda bahwa ternyata banyak juga perabotan  yang di jual di kota berasal dari perusahaan mebel desa. Jadi, bisa jadi Anda bekerja sama dengan para pedagang luar kota yang akan menajdi target market Anda.

6. Usaha Pertanian Organik

Bagi Anda yang hobi bertani, Anda dapat mencoba menjalankan peluang usaha rumahan di desa yang satu ini, yaitu dengan cara memanfaatkan lahan yang ada dengan usaha pertanian.

Lagi pula, ada begitu banyak jenis tanaman yang bisa Anda budidayakan di desa, sebab secara garis besar, lahan di pedesaan sangatlah subur dengan hamparan yang sangat luas.

Berbeda dengan masyarakat kota. Biasanya mereka mencari produk hasil pertanian dari desa untuk dijadikan konsumsi atau komoditas perdagangan mereka. Karena lahan mereka tidaklah terlalu luas seperti masyarakat desa.

Anda dapat mencoba memasarkan produk pertanian ke luar daerah, karena memang kebutuhan akan produk pertanian di Indonesia sangat tinggi sekali.

7. Budidaya Ikan Air Tawar

Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda budidaya kan di desa seperti :

  • Ikan lauk pauk seperti ikan lele, gurami, Nila, ikan patin.
  • Ikan hias seperti ikan emas, ikan lohan, ikan koki.
  • Tambak udang atau kerambah
  • Dll

Jenis budidaya ikan apa saja yang terbaik?

Pilih saja sesuai dengan potensi market yang ada dengan cara survey ke penampung atau pasar. dengan cara bertanya pada penampung, pasar maupun restoran yang ada. Tanyakan pada mereka, ikan apa saja yang dibutuhkan.

Anda dapat belajar cara budidaya kan melalui internet, seperti Anda membaca artikel ini, carilah informasi yang lengkap untuk mendukung kesuksesan usaha Anda.

Sebagai contoh ikan lele. Ikan lele merupakan ikan yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Hal ini karena rasa ikan lele yang gurih dan enak serta mengandung gizi yang tinggi.

8. Ternak Kroto

Keberadaan semut rang rang atau kroto saat di alam liar sudah semakin sedikit. Sementara kebutuhan telur kroto ini malah semakin meningkat. Seperti untuk pakan burung, ikan hingga umpan pancing.

Karena kebutuhan telur rang rang yang terus meningkat, maka muncullah peluang usaha rumahan di desa yang satu ini. Yaitu budidaya kroto dengan cara membuat kandang kroto dari rak dan toples.

Harga telur kroto sangat bervariasi, tergantung dari lokasi Anda. Ada yang mencapai lebih kurang Rp 130.000. Ini tentu  menjadi kesempatan yang bagus bagi Anda.

Untuk mendapatkan harga yang pasti, silahkan Anda datangi toko burung atau toko yang menjual aneka makanan burung untuk menanyakan harga tampung telur kroto tersebut.

Berdasarkan beberapa informasi, periode panen telur kroto yaitu berkisar antar 20an hari. Dengan bobot berkisar 1 hingga 2 ons per toples.

9. Jasa Desain Cetak

Jasa desain cetak merupakan peluang usaha rumahan di desa yang patut untuk dilirik. Karena  saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan jasa cetak seperti untuk :

  • Cetak kartu undangan pernikahan
  • Kartu nama
  • Fotocopy
  • Cetak sablon, atau spanduk
  • Dan aneka jenis desain cetak lain

Usaha yang satu ini dapat pula Anda jalankan merangkap. Seperti sekaligus menjual peralatan alat tulis, menjual bukut bacaan, hingga menjual aksesoris sekolah.

10. Kebutuhan Nelayan atau Petani

Masyarakat desa sangat identik dengan pertanian, sehingga kebutuhan akan bibit terbilang cukup tinggi. Terutama pada desa yang memang sebagian besar masyarakatnya merupakan petani.

Anda dapat menyediakan aneka jenis bibit sesuai kebutuhan petani setempat. Misalkan didaerah Anda banyak sekali orang yang hobi kebun jengkol, maka Anda bisa menyediakan bibit jengkol.

Peluang usaha rumahan di desa yang satu ini memang tergantung dari mata pencarian masyarkat di lokasi Anda. Jika kebanyakan masyarakat desa Anda merupakan nelayan, Anda dapat pula menjual aneka peralatan nelayan.

Artinya, kita harus mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh pasar agar usaha kita berhasil.

11. Spare Part Bengkel Motor

Sekarang ini hampir setiap orang memiliki sepeda motor, tak terkecuali di desa. Sehingga muncul pula peluang usaha rumahan di desa yang satu ini yaitu bengkel sepeda motor.

Anda dapat merintis usaha bengkel sepeda motor dengan modal kecil, misalkan dengan membuka tambal ban terlebih dahulu, kemudian meningkat ke cucian sepeda motor, selanjutnya Anda dapat membeli perlengkapan suku cadang.

Usaha bengkel bisa jadi sangat maju jika Anda memberikan pelayanan terbaik dan service terbaik. Karena setiap konsumen yang percaya pada bengkel Anda, sudah pasti mereka akan menjadi pelanggan setia Anda.

12. Budidaya Jamur Tiram

Peluang usaha rumahan di desa selanjutnya adalah budidaya jamur tiram. Usaha ini dapat memberikan Anda omset yang lumayan jika Anda pintar membudidayakan jamur tersebut.

Bahan yang diperlukan untuk budidaya jamur tiram sangat mudah bagi masayarak desa. Seperti bahan serbuk kayu, dedak atau kapur.

Dengan ketersediaan bahan yang mudah, sudah tentu modal yang dibutuhkan pun relatif keci. Hanya saja kita perlu belajar dengan serius bagaimana cara budidaya jamur tiram yang baik dan benar agar memperoleh hasil melimpah.

Anda dapat melakukan promosi melalui internet atau langsung menjual ke penampung pasar. Tergantung dari lokasi Anda saat ini.

13. Usaha Perkebunan / Bercocok Tanam

Masyarakat desa memang identik dengan lahan yang sangat luas. Maka dari itu, kita bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membudidayakan berbagai jenis tanaman. Tentu tanaman yang memiliki potensi pasar yang tinggi.

Berikut ini beberapa contoh jenis tanaman yang bisa kita olah menjadi perkebunan.

a. Kebun Merica

Harga lada atau merica berkisar Rp60.000 hingga diatas Rp100.000. Memang terbilang sangat mahal.  Hal ini karena proses budidaya yang lumayan rumit. Akan tetapi bukan tidak mungkin untuk bisa kita kelola. Syaratnya ada keinginan belajar dan niat yang kuat.

Pengetahuan itu penting. Untuk itu, Anda perlu belajar terlebih dahulu bagaimana cara budidaya merica dengan benar sebelum menanam modal.

b. Kebun Cabai

Tak kalah menarik dengan kebun merica diatas. Kebun cabai juga memiliki potensi yang sama besar. Anda dapat menjalankan usaha di desa yang satu ini jika hobi Anda memang petani.

Harga cabai memang turun naik. Tergantung musim pertanian dan hasil tani lain. Untuk itu, kita perlu belajar dari ahli nya agar kita tahu kapan musim terbaik untuk bertani cabai.

Peluang usaha rumahan di desa yang bisa dikerjakan secara Online adalah sbb :

Tahukah Anda bahwa :

Siapapun bisa menggunakan internet. Contohnya anak kecil dikasi mainan gadget saja mereka bisa internet lho. Jadi jangan berpikiran bahwa internet itu rumit. Itukan tergantung dari jenis paltform yang kita gunakan.

Usaha secara Online yaitu menjalankan usaha dengan memanfaatkan teknologi internet. Pengguna internet di Indonesia saat ini sudah menyentuh angka 143 juta orang.

Ini merupakan angka yang sangat fantastis!!!

Dari angka tersebut kita tahu bahwa internet kini sudah masuk ke desa desa. Artinya ada banyak sekali peluang usaha rumahan di desa yang dapat dikembangkan menggunakan internet.

14. Menjual produk makanan melalui internet

Nah…

Untuk langkah awal, Anda manfaatkan saja media sosial untuk promosi dan jualan produk. Misalkan produk makanan olahan rumahan Anda seperti :

  • Makanan khas desa Anda
  • Kek brownies, Tempahan kek ulang tahun, kue bingke
  • Aneka kerupuk
  • Dll

Caranya bagaimana?

Buatlah akun media sosial, lalu tambah teman sebanyak banyaknya, kemudian lakkan posting mengenai masakan Anda. Selanjutnya jika respon positif, Anda bisa menambah follower dengan membuat fanspage.

15. Warung Wifi dengan konsep menarik

Anak mudah zaman sekarang sangat suka dengan internet. Mereka bahkan rela mengeluarkan biaya pulsa untuk membeli paket internet.

Jika Anda bisa membuka warung ber Wifi gratis, itu merupakan cara ampuh untuk menarik pelanggan.

Jenis warung bisa beraneka jenis, bisa saja warung jus, warung nasi uduk, bakso dan lain sebagainya. Apa yang paling penting adalah cita rasa, pelayanan serta kebersihan. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa betah dan terus berlangganan di warung Anda.

16. Menjual aneka kerajinan souvenir desa secara online

Sama seperti poin diatas, bedanya hanya jenis produk yang Anda tawarkan. Pada peluang usaha rumahan di desa yang satu ini, Anda menjual produk kerajinan tangan.

Produk kerajinan tangan bisa dikatakan sebagai produk yang diminati oleh sebagian besar orang. Bahkan orang tak jarang orang kota yang mau keliling hanya untuk mencari kerajinan tangan.

Pangsa pasar kerajinan tangan juga sangat luas. Caranya adalah manfaatkan saja media internet untuk melakukan promosi secara masif agar produk Anda cepat terkenal.

17. Usaha rumahan di desa dengan cara menjadi penulis lepas

Bagi Anda yang hobi menulis atau punya bakat menulis, Anda bisa menghasilkan uang dengan cara menjual tulisan di internet.

Mengapa bisa?

Kebutuhan akan konten jenis artikel saat ini mengalami peningkatan pesat. Sebab artikel sangat dibutuhkan baik bagi media bisnis, media berita atau media blog pribadi. Mereka dengan senang hati membayar tulisan Anda jika sesuai dengan kualitas yang ditentukan.

Lalu, cobalah untuk bergabung bersama komunitas penulis, mengikuti lomba tulis atau melakukan promosi di media sosial. Peluang usaha rumahan di desa sebagai penulis ini dapat Anda jalankan secara sampingan di sela sela waktu luang Anda.

18. Membuka toko online atau ol shop

Trend belanja online kini juga tumbuh positif. Sebab belanja online memberikan banyak sekali kemudahan jika dibanding dengan belanja konvensional. Terutama untuk toko yang berada jauh dari lokasi pembeli.

Anda bisa saja membuka toko online walaupun di desa, seperti dengan menjual produk fashion, produk pertanian atau menjual produk nelayan dan lain sebagainya. Tergantung dari lokasi Anda.

Bukan hanya itu, toko online sebenarnya bisa saja menjual produk kemanapun dan kapanpun. Tidak dibatasi wilayah. Karena saat ini jasa pengiriman barang telah mendukung untuk proses pengiriman barang keseluruhan wilayah Indonesia.

19. Menjadi dropshiper

Anda tak punya produk tapi ingin tetap jualan produk di internet? Tentu saja bisa, Anda dapat menjalankan bisnis model dropship.

Lalu apa itu dropship?

Bisnis sistem dropship adalah menjual produk orang lain tanpa perlu memiliki stok barang. Semua proses transaksi dan pengiriman dilakukan oleh penjual. Anda hanya bertugas sebagai perantara saja.

Agar berhasil, carilah produk yang popular serta bekerja sama dengan suplier yang dapat dipercaya. Anda bisa mencarinya di ecommerce besar seperti Tokopedia. Carilah suplier yang telah terbukti berkualitas agar bisnis Anda terus berkembang.

Cara promosi nya pun hampir sama seperti cara lainnya. Yaitu dengan media sosial, membuka toko sendiri di marketplace atau dengan membuat blog pribadi.

20. Menjual hasil pertanian melalui internet

Agar target pasar hasil pertanian masyarakat desa dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan internet untuk melakukan promosi. Selain dengan menjual produk sendiri, Anda dapat menampung hasil tani daerah setempat.

Gunakan media internet untuk memperluas jaringan Anda. Saat ini hampir semua perusahaan perdagangan sudah memiliki konektivitas internet untuk kegiatan bisnis mereka.

Anda bisa saja menjadi suplier atau agen yang menampung produk tani desa. Tujuannya tentu selain bisnis, Anda bisa membantu warga desa menjadi lebih cepat berkembang.

21. Membuat Blog atau Website

Kampung blogger merupakan sebutan untuk masyarakat desa menowo di magelang. Kampung ini terkenal dengan penghasilan blogger yang sangat fantastis. Kini kampung tersebut telah berubah menjadi kampung IT dan terkenal hingga kemana mana.

Mereka mampu meraih gaji hingga jutaan rupiah bahkan ada yang mencapai ratusan juta setiap bulan. Akan tetapi memang bukan perkara mudah untuk mampu seperti mereka. Kita harus mau belajar dan punya niat yang kuat.

Seperti halnya kampung blogger, sumbodo malik membagikan ilmunya untuk masyarakat yang mau belajar dengan serius.

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Kesimpulan :

Apapun bisnis yang Anda pilih, tentu harus dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat. Serta memiliki kemauan untuk belajar agar mencapai kesuksesan.

Semoga artikel ini memberikan inspirasi bagi Anda. Salam sukses selalu.

Updated: October 26, 2018 — 11:40 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap