10 Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil yang Patut Dicoba

Kebutuhan pokok sekarang ini serba naik. Sementara gaji dari pekerjaan utama masih tetap sama malah tak kunjung naik. Nah tentu kita harus pintar menyikapi hal ini. Caranya adalah dengan mencari ide usaha rumahan yang bisa kita jalankan.

Jangan panik.. Tak perlu kita mengeluh..

Tapi fokuslah untuk mencari solusi mengatasi masalah tersebut. Setiap orang berhak untuk sukses lho, tidak ada batasan si A maupun Si B, semua sama, tergantung dari usaha dan doa yang dilakukan.

Walaupun disebut usaha rumahan, bukan tidak mungkin usaha rumahan yang dijalankan malah menjadi sebuah usaha besar yang menghasilkan.

Faktanya…

Sudah banyak sekali bukti yang bisa kita lihat sekarang ini, dimana usaha rumahan menjadi usaha yang sangat menghasilkan bagi pemiliknya.

Para pengusaha diatas mampu keluar dari problema finansial dan mampu mencapai kesuksesan yang mereka inginkan.

Nah bagi kamu yang ingin menjalankan usaha sampingan rumahan, berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan pilihan.

Usaha Rumahan

1. Usaha Menjadi Dropshiper Modal Hanya Akses Internet

Usaha rumahan yang satu ini terbilang dapat dijalankan dengan modal yang relatif minim. Kamu dapat menjalankan usaha ini sebagai sampingan dari rumah lho. Tak perlu waktu full seharian, cukup dengan memanfaatkan waktu luang yang ada.

Estimasi Modal yang diperlukan

  • Smartphone / laptop = 2 jutaan
  • Koneksi internet 30an Giga Perbulan = 200 an Ribu
Estimasi Omset

Katakanlah kamu mampu menjual 1 produk perhari. Tidak usah terlalu tinggi karena masih pemula. Jika selisih harga antara suplier dan harga jual sebesar 50 ribu, maka kamu bisa mendapatkan profit perbulan sebesar 1 x 30 x 50.000 = Rp 1.500.000.

Bisnis dropshiper merupakan bisnis menjual produk orang lain tanpa harus memiliki stok barang.

Jadi kamu hanya sebagai perantara saja. Setelah kamu berhasil mendapatkan order, selanjutnya proses pengiriman akan dilakukan oleh suplier kamu.

Dari mana saya bisa memulai usaha dropshiper?

Kamu bisa mencoba belajar menjalankan bisnis dropshiper dari E commerce besar di Indonesia sekarang ini. Tentu kamu sering melihat iklan toko online di televisi, rata rata mereka menyediakan layanan dropshiper.

Cara menjalankannya bagaimana?
  1. Cari jenis produk yang ingin kamu jual
  2. Cari suplier di e commerce yang ada di Indonesia
  3. Promosikan lewat media sosial, blog pribadi atau forum online
  4. Terapkan strategi promosi yang kamu anggap mumpuni

Modal usaha rumahan yang satu ini yaitu internet dan smarthpone atau laptop. Tidak membutuhkan ruko besar, cukup dengan perangkat tersebut, kamu mampu menjalankan usaha rumahan ini.

Bagaimana agar sukses menjalankan bisnis dropship?

Agar sukses berbisnis dropship, carilah produk yang paling populer dan terapkan strategi promosi yang jitu. Belajar bagaimana cara posting konten menarik dan belajar bagaimana membuat sales letter menarik.

2. Jasa Laundry Kiloan

Usaha laundry juga sangat menjanjikan.

Zaman sekarang orang suka hal yang praktis, terutama bagi mereka yang sibuk bekerja. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan cara membuka usaha laundry kiloan. Apalagi kamu berada di daerah kompleks karyawan atau daerah kampus. Usaha laundry kamu bisa berkembang pesat.

Modal yang dibutuhkan?
  • Mesin cuci + pengering 1 unit sekitar 2,5 juta
  • Timbangan sekitar 150.000
  • Bahan cucian sekitar 450.000
  • Setrika pakaian sekitar 500.000
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 600.000

Modal yang tidak terlalu besar bukan.

Akan tetapi, Anda harus melihat kondisi lingkungan terlebih dahulu. Lakukan analisa secara matang apakah lokasi Anda layak untuk dibuka usaha laundry atau tidak.

Berapa omset yang didapatkan?

Jasa laundry sekitar 6 hingga 7 ribu rupiah per KG, tergantung lokasi. Jika sehari kamu bisa menerima pesanan sebesar 30 Kg, Bearti dalam sebulan kamu bisa mendapatkan pendapatan kotor sebesar 30 x 7000 x 30 = 6.300.000.

Cara agar sukses usaha laundry?
  • Berikan diskon bagi pelanggan setia kamu
  • Pelayanan yang ramah
  • Pekerjaan tepat dan cepat serta cucian kamu bersih
  • Promosi dengan teknik yang inovatif

3. Buka Warung Makan atau Katering

Usaha kuliner tidak akan pernah ada matinya. Malah akan semakin meningkat pesat. Apalagi bagi kamu yang tinggal di daerah padat penduduk. Kamu dapat menjalankan usaha warung makan dari rumah.

Berapa modalnya ?

Modal warung makan tidaklah terlalu besar.

  • Anggap saja sebagai investasi awal kamu membutuhkan dana sekitar 6 hingga 7 jutaan.

Agar lebih jelas, kamu bisa membuat perkiraan modal di selembar kertas. Catat apa saja bahan bahan yang kamu perlukan untuk membuka warung makanan.

Untuk tahap awal, tak perlu mewah. Cukup yang sederhana saja terlebih dahulu.

Berapa keuntungan?

Tergantung dari jumlah order makanan yang kamu terima. Semakin banyak order maka semakin besar pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Tips sukses membuka warung makan apa saja?
  • Menjaga rasa dan kualitas makanan tetap enak
  • Menjaga kebersihan warung makan dan terlihat rapi
  • Harus ramah dan murah senyum kepada para pelanggan kamu
  • Berikan diskon khusus bagi pelanggan kamu yang setia membeli masakan kamu.
Agar lebih sukses, kamu bisa menambah strategi pemasaran dengan cara berikut ini :

Selanjutnya jika kamu berada di kompleks karyawan atau berada di area kampus, kamu bisa membuka jasa katering. Justru dengan cara ini dapat mendongkrak pendapatan kamu menjadi lebih besar.

Karyawan atau mahasiswa kampus biasanya sangat sibuk, mereka tak sempat memasak makanan mereka sendiri, sehingga biasanya mereka mencari jasa ketering. Nah promosikan jasa kamu kepada mereka.

4. Jangan Anggap Remeh Usaha Snack!!!!

Usaha snack bisa jadi usaha yang menjanjikan lho. Tak percaya, sudah banyak bukti dimana para pengusaha snack mampu menghasilkan penghasilan besar setiap bulannya.

Setiap orang pasti suka snack. Snack biasanya disajikan saat menonton televisi, saat makan atau saat minum  teh bersama keluarga.

Bahkan kamu bisa menerapkan strategi marketing agar produk snack kamu tersebar kemana  mana.

Kunci agar usaha snack berhasil

Agar usaha snack kamu berhasil, pastikan cita rasa snack kamu diterima oleh masyarakat. Jadi, belajarlah cara membuat snack dengan cita rasa enak.

Dimana saya belajar membuat snack?

Gampang banget, cari orang yang hobi membuat snack yang kamu kenal. Atau, kamu belajar dari internet. Mudah bukan? Lalu, lakukan uji coba masakan kamu. Jika sudah pas, silahkan kamu tes titip pada warung disekitar kamu.

Berapa modal usaha snack rumahan?

Modal yang dibutuhkan sangat minim, tidak butuh modal besar, tergantung dari snack yang kamu buat.

Ada berbagai jenis usaha snack yang bisa kamu jalankan mulai dari kerupuk, keripik hingga kue kering yang bisa dijadikan santapan camilan. Silahkan exploer kemampuan memasak kamu menjadi lebih baik.

5. Membuka Kursus Masakan yang Unik

Kuliner merupakan bidang yang sangat luas. Sehingga banyak sekali orang yang ingin belajar. Nah bagi kamu yang hobi memasak dan jago meracik bumbu masakan, kamu bisa membuka kursus kuliner dirumah.

Modal yang diperlukan sangat kecil sekali, hanya beberapa peralatan dapur dan bumbu saja, selanjutnya kamu bisa meraih keuntungan dari usaha kursus kamu.

Kamu bisa membuka kursus masakan seperti

  • Kursus untuk masakan kue
  • Membuat aneka snack
  • Makanan khas
  • Rumah makan
  • Atau kursus makanan dari luar negeri

Selain membuka kursus, kamu bisa langsung menjual makanan tersebut. Bisnis yang menyeangkan bukan?

Setelah usaha kamu terus berkembang, kamu bisa membuka dapur kursus memasak kamu menjadi lebih besar dan mewa

6.  Cucian Motor Banjir Order Saat Musim Hujan

Usaha cucian motor juga merupakan usaha yang menjanjikan yang bisa kamu pikirkan. Lihat saja kemudahan kredit membuat pengguna sepeda motor semakin banyak.

Apalagi saat musim hujan, sudah dapat dipastikan banyak sekali orang yang akan mengantre untuk cuci motor.

Modal yang diperlukan?

Usaha cucian sepeda motor tidak terlalu besar, cukup dengan kisaran dana antara  6 hingga 7 juta kamu sudah bisa memulainya.

  • Mesin kompresor 3 jutaan, kamu bisa membeli mesin second saja
  • Biaya tak terduga lainnya sekitar 4 jutaan.
Omset yang didapat?

Rata rata jasa cucian motor sekitar 10.000 untuk satu unit motor. Jika dalam sehari kamu bisa mendapatkan pelanggan sekitar 6 hingga 10 orang, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan sebulan sekitar 3 jutaan rupiah.

7. Bisnis Affiliate marketing

Bisnis affiliate marketing merupakan bisnis yang bisa mendatangkan pasif income lho. Apalagi teknologi sekarang ini sudah sangat mendukung usaha ini.

Affiliate marketing yaitu bisnis berbasis komisi. Jika kamu berhasil menjual produk, maka kamu mendapatkan komisi dari suplier.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Sama saja seperti model bisnis dropshiper diatas, kamu tidak perlu modal besar. Cukup memiliki laptop atau smartphone dan koneksi internet.

Namun agar lebih maksimal, kamu bisa membangun website spesial untuk kamu jadikan media promosi affiliate kamu.

8. Buka Usaha Play Station

Dunia game memang terus tumbuh, mulai dari game mobile hingga Playstation kini terus digemari oleh kalangan remaja.

Nah, bagi kamu yang memiliki budget lebih, kamu bisa membuka usaha sewa Playstation. Apalagi kamu berada di daerah kampus, usaha Playstation kamu akan kebanjiran order.

Coba kamu perhatikan area kampus, begitu banyak ruko Playstation yang bisa kamu temukan. Semuanya rata rata penuh. Hal ini membuktikan bahwa di area kampus, bisnis Playstation memberikan peluang yang sangat menjanjikan.

9. Rental Band

Usaha yang satu ini bisa kamu pilih jika kamu orang yang paham akan dunia musik. Biasanya anak sekolah atau kalangan remaja sangat menyukai studio rental band. Nah ini merupakan kesempatan yang dapat kamu manfaatkan.

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Kamu bisa membeli peralatan second saja. Tak perlu peralatan band yang baru.

Omset yang didapat?

Omset rental band terbilang besar, kamu bisa mendapatkan 30 hingga 45 ribu rupiah setiap jam. Jika sehari kamu bisa mendapatkan pelanggan 10 jam saja, berarti sehari kamu bisa mendapatkan omset sekitar 300 ribu rupiah.

10. Usaha desain grafis memiliki trend positif

Trend bisnis desain grafis belakangan ini terus mengalami peningkatan pesat. Faktornya adalah karena adanya perkembangan teknologi modern.

Apalagi masyarakat modern lebih suka hal yang praktis, membuat usaha desain grafis menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Ada banyak sekali jenisnya, berikut beberapa contoh usaha desain grafis yang bisa kamu garap :

  • Desain gambar Tshirt
  • Desain web atau blog
  • Desain animasi 3D
  • Desain logo, kartu nama, banner iklan
  • Dan lain sebagainya

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

Kesimpulan : 

Itulah tadi beberapa ide usaha rumahan yang bisa kamu coba. Sebenarnya masih banyak lagi ide usaha yang bisa kamu lirik, silahkan kamu explore ide kamu. Dapatkan peluang usaha dan mulai dari sekarang.

Sukses merupakan hak semua orang. Walaupun memang sukses tidak bisa instan. Tapi jika kamu segera praktek, jalan menuju kesuksesan akan semakin dekat.

Updated: May 13, 2018 — 12:35 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap