17 Contoh Usaha Menjanjikan dan Menguntungkan Bagi Pemula

17 Contoh Usaha Menjanjikan Bagi Pemula – Memilih jenis bisnis yang akan dijalankan memang bukanlah hal mudah. Apalagi masih belum berpengalaman sama sekali. Begitu banyak pikiran yang selalu membuat khawatir ketika ingin memulai usaha.

Pemikiran seperti itu sebenarnya sangat wajar, karena semua pebisnis yang telah sukses sekarang ini pun pasti pernah memiliki pemikiran tersebut ketika mereka memulai bisnis baru.

Bagi Anda yang sedang mencari ide usaha, berikut ini ada beberapa jenis usaha yang menguntungkan dan layak untuk dicoba.

1. Bisnis sistem dropship

Bisnis Dropshiping

Anda tidak memiliki produk? Tapi ingin jualan produk? Anda bisa mencoba bisnis sistem dropship.

Bisnis dropship adalah jenis bisnis online tanpa harus memiliki produk ataupun memiliki stok barang. Selanjutnya Anda disebut sebagai seorang dropshiper.

Tugas seorang dropshiper hanya sebagai perantara saja. Yaitu perantara yang menghubungkan antara suplier dan pembeli. Sedangkan semua proses transaksi dan proses pengiriman barang dilakukan oleh suplier.

Jadi tugas Anda adalah mempromosikan produk tersebut secara online. Nah setelah ada pembeli, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan ketentuan dan kerja sama Anda dengan suplier.

Tips agar dropshiper Anda lancar yaitu carilah jenis produk yang laris, cari suplier terpercaya lalu pelajari bagaimana teknik promosi secara online.

Misalkan melalui media sosial, blog pribadi atau melalui situs marketplace yang menawarkan kerja sama dropshiper.

Baca juga : 43 Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

2. Bisnis toko online

Toko online

Coba Anda perhatikan.

Belanja online ternyata kini semakin diminati oleh masyarakat. Trend ini terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Semua itu tak lepas dari kemudahan yang ditawarkan serta murahnya akses internet dan perkembangan jaringan teknologi internet.

Anda dapat memulai usaha toko online dengan cara jualan melalui media sosial, atau membuka website pribadi.

Selain cara diatas, Anda dapat membuka toko pribadi melalui marketplace besar yang ada sekarang ini. Sebut saja seperti tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya.

Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan, lakukan analisa produk sebelum jualan agar bisnis Anda dapat berjalan lancar.

Bukti bahwa bisnis ini merupakan usaha yang menjanjikan. Bisa Anda lihat contoh sukses toko online yang ada sekarang ini. Mereka berhasil meraih omset yang sangat besar.

3. Bisnis makanan ringan

Usaha makanan ringan

Bisnis makanan ringan bisa dikatakan bisnis yang akan terus tumbuh dan menguntungkan. Pasalnya, makanan pasti dibutuhkan dimana mana. Bahkan semakin hari kebutuhan makanan terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk.

Syarat utama agar bisnis makanan bisa berkembang pesat yaitu makanan harus enak dilidah masyarakat. Setelah Anda menemukan jenis makanan yang enak, Maka langkah selanjutnya adalah mencari lokasi jualan yang strategis.

Bisnis makanan ringan saat ini sangat bervariasi,mulai dari kerupuk, kue kering hingga gorengan.

Anda dapat mencari ide bisnis tersebut dengan cara memantau jualan yang ada di sekitar Anda, atau di lokasi keramaian. Silahkan Anda cermati dan perhatikan dagangan yang ada untuk dijadikan ide usaha.

4. Bisnis Reseller

Bisnis reseller

Bisnis reseller sekarang ini mengalami peningkatan karena siapapun bisa menjalankan bisnis tipe reseller ini. Bahkan ibu rumah tangga, mahasiswa ataupun pelajar dapat menekuni bisnis ini dengan mudah.

Sebagai langkah awal sebelum Anda memulai bisnis reseller, Anda disarankan untuk mencoba bisnis jualan biasa saja terlebih dahulu untuk melatih kemampuan komunikasi dan marketing online. Dengan meningkatnya pengalaman Anda, bisnis reseller akan mudah untuk menghasilkan uang.

5. Bisnis Affiliate marketing

affiliate marketing

Salah satu bisnis online yang paling popular dikalangan internet marketer pemula adalah bisnis affiliate marketing. Bisnis affiliate marketing cenderung lebih mudah karena pada prinsipnya kita juga tidak perlu memiliki produk.

Bisnis affiliate marketing sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu, hanya namanya saja yang berbeda. Perbedaan terletak dari media yang digunakan yaitu media internet.

Bagaimana cara kerjanya?

Anda bertugas mencari visitor sebanyak banyaknya ke website merchant dengan cara mereferensikan link berkode khusus.

Selanjutnya setiap visitor yang membeli produk melalui link yang Anda referensikan, Anda akan mendapatkan komisi.

Biasanya untuk produk digital, komisi yang diberikan cukup besar hingga 50%, tergantung jenis produk yang Anda pilih.

Untuk melakukan promosi, Anda dapat melakukannya melalui media sosial, website pribadi atau forum. Semakin banyak Anda mampu meraih visitor, maka semakin besar peluang untuk sukses.

6. Bisnis Kuliner juga merupakan usaha yang menjanjikan

Usaha kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan jika Anda pinter mengelola usaha ini. Banyak sekali kisah sukses yang bisa kita baca sekarang ini berasal dari mereka para pengusaha kuliner.

Mengapa?

Bisnis kuliner akan selalu dibutuhkan dimanapun, terutama di tempat strategis. Karena semua orang butuh makanan.

Nah Anda dapat memulai usaha ini dengan membuka warung makan atau warung kue kue enak. Buat resep yang paling enak agar Anda mudah mendapatkan pelanggan.

Kunci keberhasilan usaha kuliner adalah tentang rasa, manajemen keuangan dan pelayanan. Berikan yang terbaik agar pelanggan Anda betah belanja di warung Anda.

7. Bisnis Franchise

Usaha franchise

Jika Anda memiliki modal dan tak ingin repot dengan konsep bisnis. Anda bisa mencoba membeli lisensi atau membeli bisnis model waralaba. Semua konsep bisnis sudah tersedia oleh pihak frachisor.

Selanjutnya tugas Anda adalah mencari lokasi strategis untuk membuka usaha. Bisnis tipe ini sangat menjanjikan bila Anda menemukan lokasi dagang yang strategis dan menemukan produk popular.

Ada banyak sekali jenis bisnis franchise yang bisa Anda coba. Silahkan lakukan penelitian terlebih dahulu mengenai jenis produk yang menarik minat Anda.

8. Menjual Aksesoris Handphone

Aksesoris handphone

Hampir semua kalangan sekarang ini memiliki handphone. Sebab harga handhpone semakin  hari semakin terjangkau. Sehingga, kebutuhan akan aksesoris handphone terus mengalami peningkatan.

Sehingga hal tersebut memberikan indikasi bahwa usaha menjual aksesoris handphone masih sangat menjanjikan jika Anda pintar mengelolanya.

Lagi pula..

Peminatnya sangat banyak, apalagi jika Anda menawarkan dengan harga yang terjangkau. Tentu pelanggan akan berdatangan dengan sendirinya dan akan terus bertambah.

Anda dapat menjual aneka jenis aksesoris seperti baterai, casing, handsfree, power bank, kartu perdana hingga pulsa elektrik untuk paket nelfon dan paket data.

9. Menjual produk fashion

Usaha bidang fashion

Dunia fashion juga merupakan usaha menjanjikan yang patut untuk dilirik. Apalagi bagi kaum hawa, penampilan merupakan sesuatu yang sangat diburu.

Perubahan trend juga membuat usaha fashion kian menggairahkan. Hal ini membuat peluang fashion model baru terus bermunculan sesuai dengan trend yang ada.

Tak ayal usaha yang satu ini mampu membuat orang menjadi sukses besar. Ini membuktikan bahwa usaha fashion memang selalu menjadi usaha primadona bagi yang pintar memanfaatkan pasar.

Ada banyak sekali jenis produk fashion yang bisa Anda jual, mulai dari kaos, celana, sepatu, kemeja, baju gamis hingga aksesoris fashion. Anda bisa membuat produk fashion sendiri atau mencari agen untuk pemasok fashion Anda.

10. Industri berbasis aplikasi

Bisnis aplikasi

Jika Anda orang yang hobi koding dan komputer, Anda dapat menjalankan bisnis berbasis aplikasi. Ada banyak sekali jenis aplikasi yang bisa dijadikan bisnis seperti jualan aplikasi kasir, database perusahaan hingga aplikasi Android.

Sebagai contoh aplikasi Android yang kini terus mengalami pertumbuhan. Setiap pengguna smartphone selalu mencoba hal baru yang justru memberikan keuntungan tersendiri baru pendiri aplikasi berbasis Android.

Usaha digital memang terus tumbuh, hal ini sudah tentu membuka peluang usaha baru yang terus kian bertambah pesat.

11. Usaha laundry

Usaha laundry

Usaha laundry sangat cocok jika Anda berada didaerah keramaian seperti daerah kampus, perkantoran atau kompleks karyawan.

Biasanya pada lokasi seperti tersebut merupakan orang yang sangat sibuk dan tak sempat untuk mencuci baju sendiri. Anda bisa memanfaatkan kecenderungan tersebut dengan membuka usaha laundry.

Kunci keberhasilan bisnis laundry adalah tingkat layanan, harga dan kualitas. Semakin baik Anda menjaga faktor tersebut, maka pelanggan Anda akan terus bertambah.

Untuk promosi Anda bisa mencoba dengan teknik menyebarkan brosur dan memasang spanduk berupa iklan jasa laundry.

12. Fotografer

Bisnis Fotografer menguntungkan

Walaupun sekarang ini kamera sudah mudah dari handphone, akan tetapi peluang usaha fotografer tetap dibutuhkan dan cenderung meningkat. Terutama untuk acara resepsi pernikahan, jasa fotografer sangat dibutuhkan.

Bagi Anda yang hobi hunting foto, Anda bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk dijadikan usaha. Buatlah fanspage atau blog pribadi untuk menerbitkan karya Anda. Biarkan orang lain melihat karya Anda secara bebas untuk promosi.

Pelajari bagaimana cara mengambil foto denganbaik, selain itu pelajari juga bagaimana cara mengolah foto menggunakan aplikasi editing seperti photohsop.

13. Bisnis desain grafis

Desain grafis

Tahukah Anda bahwa dengan adanya kemajuan teknologi internet, membuat orang cenderung ingin serba praktis? Hal ini membuat begitu banyak peluang usaha baru yang terus bermunculan. Salah satunya adalah peluang usaha menjanjikan dibidang desain grafis.

Desain grafis dibutuhkan pada bidang iklan, website desain, pembuatan logo, banner, hingga UI pada sebuah aplikasi. Jika Anda mahir dibidang desain grafis seperti ini, Anda dapat menjual keahlian Anda tersebut.

14. Penulis konten online

Penulis online

Selain desain grafis diatas, usaha menjanjikan dan menguntungkan selanjutnya adalah menjadi penulis online. Memang bukan perkara mudah, akan tetapi jika mau belajar dan bekerja, bidang ini sangat menguntungkan.

Begitu banyak portal berita, blog pribadi hingga website e commerce sekarang ini menggunakan jasa para penulis konten. Anda dapat menemukan contoh para penjual konten yang tersebar sekarang ini di internet untuk dijadikan sebagai panutan.

15. Usaha kerajinan tangan

Kerajinan tangan

Bagi Anda yang memiliki jiwa seni dan berbakat pada bidang kerajinan tangan, usaha ini juga sangat menguntungkan. Keuletan dan kemauan untuk bekerja menjadi faktor kunci keberhasilan pada bidang usaha kerajinan.

Usaha kerajinan sangat bervariasi, begitu banyak produk yang bisa diciptakan. Gunakan media online untuk melakukan promosi.

16. Usaha Aneka Ternak

Jika Anda hobi ternak, Anda dapat mencari beberapa ide usaha ternak yang ada. Carilah jenis ternak yang memiliki permintaan pasar tinggi dilokasi Anda. Lakukan survey untuk menemukan agen yang akan menampung hasil usaha Anda.

Banyak kisah sukses yang berasal dari para peternak. Mereka mampu mengadopsi teknologi dalam usaha mereka sehingga usaha ternak mereka begitu menguntungkan.

17. Usaha dagang komoditi

Sebagai langkah awal, Anda tak perlu membuka toko besar, Anda dapat merintis usaha dagang dengan cara membuka warung sembako. Sambil mempelajari dunia perdagangan beberapa komoditi kebutuhan pokok.

Anggap saja sebagai bahan latihan melaksanakan manajemen keuangan dan latihan cara berdagang. Setelah dirasa pengalaman Anda cukup, Anda dapat meningkatkan skala usaha menjadi lebih besar.

Belajar dari orang yang tepat akan memberikan pengaruh yang luar biasa. Untuk itu, Anda bisa mencari para pedagang yang sudah berpengalaman. Dengan kata lain Amati Tiru dan Modifikasi.

Baca juga : 17 Contoh Usaha Makanan Ringan yang Sangat Menjanjikan

Itulah tadi beberapa contoh usaha menguntungkan serta menjanjikan bagi pemula. Sebenarnya masih banyak contoh lain yang belum ditulis. Semoga Anda menemukan ide terbaik. Silahkan pertimbangkan dan analisa peluang usahanya. Salam sukses selalu.

Updated: July 7, 2018 — 4:22 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap