Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menguasai Bahasa Inggris Secara Otodidak

Bahasa Inggris merupakan bahasa dunia yang harus kita kuasai jika ingin maju dan bersaing. Kita pun sadar bahwa sejak bangku sekolah kita sudah mulai mengenal dan belajar bahasa Inggris. Jika dihitung, sudah berapa lama kita belajar, namun mengapa masih tidak bisa lancar berbahasa Inggris?

Ada hal yang menarik untuk diperhatikan.

Coba perhatikan pekerja yang baru setahun atau dua tahun bekerja diluar negeri. Terutama bagi mereka yang bekerja di negara berbahasa Inggris. Mengapa mereka bisa lancar dan fasih layaknya bule?

Belajar bahasa Inggris Otodidak

Nah dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kemampuan berbicara itu datang dari kebiasaan. Jika kita terbiasa mendengar maka kita akan familiar, selanjutnya bisa mengerti , dan hasilnya mampu bicara.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Inggris?

Dari penjelasan diatas, kita bisa juga mengambil kesimpulan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk menguasai bahasa Inggris itu tergantung dari cara yang Anda terapkan. Sehingga waktu yang dibutuhkan sangat berbeda antara satu dan yang lainnya.

Semakin rajin Anda berlatih melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris, maka semakin cepat Anda menguasainya. Mengapa saya katakan berlatih bukan belajar?

Penting bagi Anda untuk mengubah mindset tentang belajar bahasa Inggris dari sekarang. Jangan lagi merasa belajar, jika merasa belajar Anda akan terus mengejar hafalan dan semacamnya. Akan tetapi jika mindset Anda memiliki orientasi ke komunikasi saja, maka Anda akan cepat menguasai bahasa Inggris.

Caranya begini… Terutama untuk latihan writing. Mulailah untuk mencari rekan atau partner untuk praktek. Atau Anda cari pembicaraan di twitter, facebook, group online berbahasa Inggris, mulailah komentar dengan bahasa Inggris. Jangan ragu, tulis saja, jika ada respon langsung jawab saja, sediakan kamus.

Cari topik yang Anda kuasai, terus latih setiap hari berkomunikasi dengan para bule. Jangan lagi belajar melulu, menghafal tenses dll. Tapi mulailah praktik langsung di lapangan.

Nah jika ingin speaking, Anda bisa memanfaatkan Skype dan beberapa platform video call yang ada sekarang ini. Ingat, Anda ingin komunikasi bukan lagi belajar.

Mengapa sampai sekarang masih belum bisa bahasa Inggris dengan lancar?

Dalam bahasa Inggris, orang yang jago bicara belum tentu jago menulis. Begitu juga sebaliknya. Alangkah lebih baik jika Anda mampu keduanya. Berikut ini alasan mengapa kita masih tidak bisa bicara dengan lancar.

Masih takut salah dengan grammar. Haruskah?

Ini merupakan mindset klasik. Padahal, ketika kita masih kecil, kita berani bicara tanpa mengetahui aturan EYD dan berbagai macam aturan bahasa Indonesia. Seharusnya, proses belajar bahasa Inggris juga seperti itu.

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu merubah mindset, utamakan listening terlebih dahulu, atau reading. Terserah Anda, yang penting pilih metode terbaik bagi Anda. Pilih cara yang menyenangkan bagi Anda.

Anda bisa mencari mp3 bahasa Inggris dengan tema apapun. Terutama tema yang berkaitan dengan hobi dan bakat Anda. Untuk langkah awal, carilah bahan listening yang ringan. Disini, repetition is teh key. Pengulangan adalah kuncinya. Semakin sering Anda listening, maka semakin familiar Anda dengan pronunciation dan idiom dalam bahasa Inggris.

Jangan lagi sibuk memikirkan tentang aturan. Ingat, kita juga waktu kecil tidak tahu pelajaran bahasa Indonesia. Setelah masuk bangku sekolah, barulah kita belajar bahasa Indonesia.

Memang cara ini masih diperdebatkan. Ada yang mengatakan grammar itu penting, ada pula yang mengatakan itu tak penting. Yang jelas itu semua tergantung dari tujuan Anda belajar bahasa Inggris.

Jika tujuannya untuk komunikasi sehari – hari, maka Anda bisa belajar dengan cara yang sama ketika kita belajar bahasa kita sendiri. Metode ini lebih cepat. Akan tetapi, jika Anda ingin mengikuti test TOEFL, maka Anda perlu lihai mempelajari aturan dalam bahasa Inggris.

Baca juga : Tips Mahir Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris

Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan dan gambaran untuk Anda. Jika ada pendapat yang lain, silahkan tulis pada form komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap