Wisata Apa Saja Yang Ada Di Kabupaten Karimun Dan Sekitarnya

Wisata Tanjung Balai KarimunKepulauan riau merupakan sebuah provinsi yang memiliki objek wisata dengan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal dan manca negara. Dengan jumlah pulau sebanyak 2.408 yang tersebar di wilayah ini, sudah tentu beriringan dengan jumlah pantai yang tersebar dimana – mana mulai dari Natuna, Anambas dan lain sebagainya. Sekarang Admin akan membahas mengenai lokasi pantai yang ada di sekitar Kabupaten Tanjung Balai Karimun yang juga merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Kepulauan Riau.

Letak Kabupaten Karimun ini sangat dekat dengan negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura. Pada artikel ini admin membuat daftar pantai dan objek lainnya yang ada di sekitar Kabupaten Karimun, jika ada tambahan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

1. Coastal Area Tanjung Balai Karimun

Dengan semakin pesatnya kemajuan yang di ada di Tanjung Balai Karimun, maka di dirikan panggung rakyat Coastal Area Tanjung Balai Karimun yang di beri nama “Putri Kemuning”. Coastal Area menjadi tempat favorit bagi wisatawan lokal maupun asing yang di lihat dari adanya pengunjung yang datang setiap harinya.

Ditemani oleh angin pantai yang lembut, pengunjung juga di beri pemandangan yang memanjakan mata. Dimana pengunjung bisa melihat kapal laut hilir mudik di sertai panorama air laut.  Suasana malam di coastal area juga memberikan khas tersendiri. Anda akan menemukan berbagai macam jualan makanan di sini, baik itu makanan ringan hingga makanan khas daerah Tanjung Balai Karimun.

2. Pantai Pelawan Pangke

Lokasi pantai pelawan berada di pangke Meral Kabupaten Karimun. Jika wisatawan berkunjung ke pantai ini maka akan di suguhi pemandangan berupa pasir putih beserta bebatuan granit. Keindahan lainnya adalah jajaran pepohonan di sepanjang pantai. Ditambah lagi dengan bentangan pasir putih yang landai menambah kesan puas ketika menjelajahinya.

Gelombang pantai pelawan di kenal cukup besar karena berhadapan dengan lautan luas . Di saat hari libur biasanya ramai pengunjung yang datang baik itu dari wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, seperti pengunjung dari singapura. Untuk mencapai ke lokasi ini di butuhkan waktu sekitar setengah jam dari pusat kota Tanjung Balai, baik itu dengan menggunakan angkutan umum, sepeda motor ataupun bus.

3. Pantai Pongkar Tanjung Balai Karimun

Pantai Pongkar bisa di katakan sebagai pantai favorit warga tempatan selain pantai pelawan di atas. Di sini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang tak kalah menarik dengan pantai pelawan. Bentuk pantai pongkar sendiri lebih landai jika di bandingkan dengan pantai pelawan. Tak jauh dari pantai terdapat  pulau yang dinamai Karimun Anak dan Takong hiu.

4. Air Terjun Pongkar

Setelah puas bermain di pantai Pongkar pengunjung bisa melanjutkan untuk menikmati liburannya ke air terjun Pongkar, lokasinya tak jauh dari pantai  Pongkar tersebut. Memang volume air terjunnya tidak begitu besar, tetapi pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri karena masih di kelilingi hutan alami. Air terjun Pongkar ini termasuk kedalam hutan lindung sehingga pengunjung bisa melihat tumbuhan langka seperti pepohonan pulai dan lain sebagainya. Begitu juga dengan satwa yang ada di sini. Di ujung air terjun terdapat kolam yang bisa di jadikan sarana untuk mandi atau berendam sejenak menghilangkan letih.

5. Pantai  Timun Di Pulau Kundur

Pantai timun berada di pulau Kundur yang secara administratif masuk kedalam wilayah Kabupaten Karimun. Untuk menuju ke pantai ini harus menaiki spead boat terlebih dahulu dengan memakan waktu lebih kurang 20 menitan dari Tanjung Balai Karimun. Kemudian di lanjutkan dengan menaiki angkot sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi pantai Timun. Suasana ramai biasanya ada pada saat lebaran atau perayaan HUT RI. Pada hari lebaran atau perayaan selalunya tersedia panggung musik seperti band tempatan atau orgen tunggal untuk menghibur pengunjung yang datang.

Landscape pantai ini berupa pasir putih yang panjang, jika pengunjung datang pada saat air surut , di sini terdapat bagian pantai yang menjorok keluar, sehingga pengunjung bisa berjalan menuju ketengah dan menikmati view dengan lebih luas lagi.

6. Pantai Lubuk dan Pantai Gading Pulau Kundur

View di pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai Timun. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai memberikan nuansa tersendiri. Warga setempat juga menyediakan pondok – pondok kecil di pinggiran pantai untuk tempat berteduh sambil menikmati suasana pantai.

Selain pantai Timun, ada lagi Pantai Gading yang lokasinya masih satu pulau dengan pantai Timun. Untuk sampai ke pantai Gading ini jika Anda dari pantai Timun memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Untuk angkutan umum sepertinya belum tersedia ketempat ini, kecuali carteran.

Berburu Wisata Kuliner

Untuk Anda yang suka dengan wisata kuliner, lokasi Coastal area merupakan tempat yang tepat untuk berburu berbagai macam makanan khas Karimun. Bermacam jenis makanan ada di sini, mulai dari Lendod, mi lakse, nasi goreng kampong, roti canai, roti jale dan lain sebagainya. Telusuri saja di sepanjang Coastal Area.  Ada baiknya jika ingin berburu kuliner waktu yang tepat itu pada saat menjelang malam atau pun di malam harinya.

 




Updated: January 10, 2017 — 2:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kolomsatu.com © 2017 Sitemap